Sunday, January 25, 2015

Journey Between Me and Allah SWT (part 2)

Persiapan Umroh

Ibadah Haji/Umroh tercantum dalam Rukun Islam ke-5 yaitu Mengerjakan Ibadah Haji/Umroh bagi yang mampu seperti juga tertulis di dalam Al-Quran yakni:

Dan diantara kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. (QS. Al Imran: 97)

Ibadah umroh itu harus lillah yaitu terlepas dari hal-hal duniawi bahwasanya sengaja melakukan ibadah umroh ini atas niat yang tulus untuk menghampiri dan mendekatkan diri kepada ALLAH SWT dengan berkunjung ke rumah-Nya yaitu Baitullah di Mekkah dan berziarah ke Maqam Rasullah SAW di Madinah. 

Dan sempurnakanlah ibadah haji haji dan umrah karena Allah. (QS. Al Baqarah: 196)

Persiapan yang paling utama adalah Diri Kita. Kita wajib banget memperbaiki diri. Contoh nya aku yang dulu solat 5 waktu nya sering bolong, aku mulai perbaiki solat menjadi full 5 waktu. Gak hanya itu, bacaan solat juga diperbaiki, kadang kita ya suka ngebut kalo baca Al-Fatihah hehehe.... mulai deh diperbaiki. Perbanyak membaca ayat-ayat Al-Quran dan lebih banyak lagi hapalin doa doa seperti doa keluar-masuk kamar mandi, doa ketika keluar rumah dan lain nya.

Bertaubatlah kepada Allah, memohon petunjuk dan bimbingan dari Allah agar kita bisa sabar dan ikhlas dalam perjalanan ibadah ini. Mulailah silaturahmi dan meminta maaf dengan orang orang disekitar kita, mana tau secara ga sengaja kita pernah nyakitin perasaan mereka, terutama kepada Ayah dan Ibu kita. 

Tips dari mama ku : kunci nya harus sabar dan ikhlas karena Allah. Sabar dalam setiap ujian dan Ikhlas menerima yang diberikan Allah SWT karena sesungguh nya apa pun yang datang dari Allah, Allah akan bersama kita dalam melewati setiap ujian yang kita hadapi. 

Mulai deh pelajari tata cara mengerjakan ibadah umroh mulai dari berihram, tawaf dan sai.
Tips dari aku, rajin googling hehehe.. baca buku tentang haji/umroh dan bertanya dengan orang tua, sahabat yang udah berpengalaman berangkat haji/umroh.

Tidak hanya mendapatkan bimbingan ibadah, kita juga dibimbing untuk mempersiapkan dokumen dokumen seperti KTP, Paspor, Kartu Keluarga, Akta Lahir untuk mendukung pembuatan Visa Umroh. Dan problem ku saat itu... Data di KTP dan Kartu Kelugarga berbeda dengan Akta Lahir dan Paspor. 

Im worry, definitely YES! Sebulan mondar mandir Langsa Medan (karena aku kerja di Langsa,Aceh) untuk ngurusin itu, sampai akhir nya semua nya rapi dan bisa nge-endorse paspor untuk menambah Nama menjadi 3 Suku Kata. Karena nama ku cuma 2 suku kata yaitu Therisita Sheere, 1 suku kata harus di tambah yaitu dengan menambah nama Ayah di akhir nama kita dan ini lah hasil nya... taaaadddaaaa :





Oo ya, aku rajin banget nontonin Mecca TV Online Live 24/7 < http://makkahlive.net/makkahlive.aspx > nonton langsung situasi di Baitullah :) ...rajin searching juga di google tips tips ibadah umroh.


Perlengkapan Umroh

Sempet bingung juga mau bawa barang berapa banyak selama 11 hari di Tanah Suci. Secara aku ini orang nya ribet, gak mau repot kalo apa yang dibutuhin ternyata ga ada barangnya, pusing kan kalo ngadepin kejadian kayak gini, ini aku mau share beberapa barang yang aku bawa :

1. Pakaian
Alhamdulillah karena aku memang berhijab jadi ga terlalu repot keluar uang lagi untuk beli baju gamis, jilbab atau pun Pashmina. Saran dari aku pilih lah pakaian yang bahan nya nyaman dipake dan longgar sehingga memudahkan kita untuk beribadah. Gak harus putih kok. Karena aku suka banget sama warna Hitam, aku bawa 8 Set Pakaian Gamis semua, 4 set diantaranya semua berwarna hitam hehehe..*(sudah termasuk pakaian Ihram berwarna putih dan 2 set Mukena).

2. Al- Qur'an
Boleh sih bawa Al-Quran, tapi di sana di Masjid Masjidil Haram dan Masjid Nabawi banyak disediakan Al-Quran, jadi senyaman nya kita aja mau bawa atau engga. Hehehe.. aku sih malah beli Al-Quran disana :D...

3. Kosmetik
Aku memakai produk kosmetik yang Halal yang bisa di pakai pada saat ber-wudhu yaitu produk Wardah (gak promosi kok hehehe) dari cream pelembab, compact powder, eyeliner, lipstick, lipbalm dan wewangian

4. Botol Kosong
Botol ini guna nya untuk kebutuhan minum kita disana misalkan setiap keluar dari mesjid rugi banget kan kalo kita ga minum air zam-zam yang tersedia secara gratis dan banyak disana. Selain disediakan tempat minum nya disana, dengan membawa botol kita bisa mengisi dan membawa nya pulang ke hotel, jadi dikamar hotel pun kita bisa minum air zam-zam. 

Air zam-zam yang disediakan ada yang biasa dan ada yang dingin. Saran dari aku baiknya meminum yang biasa aja, karena untuk ngejaga ketahanan tubuh dan ga  mau sakit batuk/flu.

5. Perlengkapan Ihram
Dari membawa pakaian ihram, kaos kaki warna apa aja yang nyaman biasa nya putih atau pun hitam, sarung tangan tawaf dan sepatu tawaf (berbentuk seperti kaos kaki cuma tidak licin).

6. Dana secukupnya
Inget ya kesana itu niat tulus untuk beribadah dan mendekat diri kepada Allah SWT. Jadi bawa lah secukupnya saja. Kalau mau tau aku bawa nya berapa.. aku bawa nya hanya 1000 SAR sekitar 3,5juta. Karena niat aku untuk ibadah, Alhamdulillah dengan bawa segitu cukup, karena selain makan sehari-hari sudah ditanggung oleh pihak Travel, jadi uang yang ada cukup untuk membeli oleh oleh. Bahkan uang nya lebih loh.. hehehe....


Bulan bulan terlewati, sampai akhir nya Bulan Desember pun tiba. Bulan yang aku tunggu banget, bulan yang in shaa Allah menjadi perjalanan liburan bersama Allah SWT selain ibadah dan menjadi perjalanan yang paling terindah untuk pertama kali di dalam hidup ku.
Tapi.... ada tapi nya nih... diprediksikan aku berangkatnya tanggal 21 Desember 2014, ternyata Allah berkehendak lain, aku dapet telfon dari pihak Travel bahwa keberangkatan ku menjadi Tgl. 16 Desember 2014, Subhanallah... terharu banget, ternyata Allah ngundang aku lebih awal untuk kesana... Alhamdulillah, sujud syukur ku panjatkan kepada Mu ya Allah...



Visa Umrah



Bersama Keluarga : Daddy, Mama, Sischa dan Rafa

Rafa, si paling kecil yang tiba-tiba minta ikut berangkat umroh

Bersama Sahabat dan Kesayangan :D
to be continue...


Wassalamualaikum
Love,
Ty

1 comment: