Monday, January 26, 2015

Journey Between Me and ALLAH SWT (part 4)

Bismillahirohmanirohim,

18 Desember 2014 : Ziarah City of Madinah

Hari ini kita jalan-jalan di Kota Madinah Al-Munawwarah, Kunjungan pertama kita menuju Masjid Quba. Let's cekidot :

Masjid Quba
Sejarah nya Masjid Quba, dibangun oleh Rasullah sendiri. Rasullah mengkonsep dan mendesain bangunan Masjid ini. Allah SWT memuji Masjid ini dan orang orang yang bersembahyang di dalam nya sesusai dengan Firman-Nya :

Sesungguhnya masjid itu yang didirikan atas dasar takwa (Masjid Quba) sejak hari pertama adalah lebih patut bagimu (Hai Muhammad) bersembahyang di dalamnya. Di dalamnya terdapat orang-orang yang ingin membersihkan diri.......(At Taubah, 108) ... (Wikipedia 2015)


Alhamdulillah pagi itu kita semua serombongan bisa sholat 2 rakaat di Masjid Quba ini.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Pasar Kurma, Yeayy... disana kita bisa nyobain beberapa macam kurma. Sebenarnya keadaan pasar nya bukan seperti pasar pasar yang sering kita jumpai disini, Pasar nya lebih berbentuk supermarket kecil.  

Pasar Kurma di Madinah (Picture from Google)

Kurma yang paling di minati adalah Kurma Ajwa atau yang sering disebut dengan Kurma Nabi.  Kurma Ajwa dijual dengan beragam harga, di mulai dari SAR 60 per kg nya sampai SAR 80 per kg.


Kurma Ajwa


Next trip kita ke Jabal Uhud. Masi inget waktu jaman SD (Sekolah Dasar) pada saat Pelajaran Agama tentang Nabi Muhammad SAW dengan Perang Uhud, yaitu Nabi dan para syuhada melawan Bangsa Quraisy. Namun akhirnya dalam perang tersebut para syuhada mengalami kekalahan karena apa.. karena tidak mematuhi amanah dari Rasullah *(sekilas cerita yang masi ke inget :D ) Dan ini lah Gunung Uhud atau pun Jabal Uhud :







Aku dan Bunda-ku :) Jabal Uhud 18 Desember 2014

Dan info nya yang aku dapat dari Youtube, Jabal Uhud ini jika diliat dari satelit berlafadzkan nama MUHAMMAD dalam tulisan arab, Subhanallah... :).

Last but not least, kita melanjutkan perjalanan melewati Masjid Qiblatain (Masjid dengan 2 Qibla yang menghadap Masjidil Haram dan Masjidl Aqsa), tetapi dengan turun nya wahyu dari Allah SWT untuk memalingkan muka (shalat berkiblah) ke Masjidil Haram, maka pada saat itu hukum nya qibla ke Masjidil Aqsa sudah tidak diperbolehkan (*sumber info: Ustadz Pembimbing pada saat Umroh :D).




Masjid Qiblatain (*pic from google)


19 Desember 2014 , Ziarah ke Maqam Baqi :

Hari ini kita serombongan menuju Maqam Bagi, maqam baqi terletak dekat dengan Masjid An Nabawi, cukup dengan berjalan kaki kita tiba di Maqam Baqi. Disitulah Keluarga dan Sahabat Nabi di makam kan, dan jutaan umat Muslim yang meninggal di Madinah dimakamkan disana. Makam Baqi tidak terdapat batu nisan, hanya berupa hamparan tanah kering dengan 2 batu alam sebagai tanda untuk setiap makam. Untuk ini mohon maaf saya tidak mengambil foto. :)

Keesokan nya Tanggal 20 Desember 2014 kita rombongan bersiap siap dengan pakaian Ihram menuju Mekkah Al-Mukaramah :), baca postingan blog setelah ini ya :D



Wassalamualaikum
Love
Ty



No comments:

Post a Comment